Home Theater

Speaker Placement

Speaker Placement

Langkah pertama untuk membangun Home Theater (bioskop rumah) adalah dengan membangun ruangan-nya. Sound Treatment dapat di-aplikasi-kan mulai dari pemilihan lantai, komposisi dinding, sampai bagian langit-langit.

Tapi bila ruangan home theater sudah jadi dan tidak ada rencana untuk renovasi, atau lokasi bioskop rumah adalah di ruang keluarga (living room), maka langkah perbaikan (improvement) paling mudah dan paling efektif yang bisa dilakukan adalah dengan mengatur tata letak speaker (speaker placement).

itu-r

Tata Letak Speaker

Dengan munculnya tayangan HD (high Definition), International Telecommunications Union Radiocommunications Assembly (ITU-R) atau International Radio Consultative Committee (CCIR), sebagai salah satu agency dari United Nations, diberi tugas untuk mempelajari dan membuat rekomendasi untuk digital cinema.

Mengapa lingkaran ITU-R ini sebaik-nya di-ikuti sebagai tata letak speaker ? Jawabannya sederhana, karena banyak studio perekaman, melakukan rekaman suara 5.1 sesuai dengan rekomendasi lingkaran ITU-R ini. Sehingga dengan mengikuti rekomendasi ini, tata letak speaker akan mendekati posisi microphone dari perekaman suara.

Komponen inti dari rekomendasi ITU-R adalah susunan penempatan loudspeaker yang terdiri dari 3 loudspeaker depan yang dikombinasikan dengan 2 loudspeaker belakang. Seperti terlihat pada gambar, susunan loudspeaker ditempatkan pada busur lingkaran, sudut speaker kiri dan kanan adalah 30? terhadap garis yang dibentuk speaker center dan titik dengar. Dengan kata lain, 3 buah loudspeaker depan memiliki jarak yang sama dengan posisi penonton.

Sebagai contoh, jika speaker center tidak dapat diletakkan di belakang layar, di-rekomendasikan untuk menunda (delay) sinyal suara dari speaker kiri dan kanan, sehingga semua sinyal dapat mencapai titik dengar dalam waktu bersamaan. Hal menarik yang patut dicatat, untuk kepentingan lip sync (sinkronisasi gerakan bibir dan suara), rekomendasi menyebutkan bahwa sinyal suara tidak boleh dipercepat lebih dari 20 mili detik atau ditunda (delay) lebih dari 40 mili detik.

3-speaker-depan

Setiap speaker depan harus memiliki tinggi yang sama dengan posisi referensi (sekitar 1,2 meter)

Parameter Unit/Kondisi Nilai
Lebar dasar B [m] 2–3 m
Sudut dasar [°] Referensi kiri/kanan 60°
Jarak titik dengar D [m] = B

tinggi-speaker

Speaker surround juga harus berada dengan jarak yang sama dari titik dengar dan memiliki sudut 110° ±10° dari garis referensi.

Ada satu lagi speaker yang harus ditempatkan dalam ruangan home theater : Subwoofer !! Penempatan speaker yang menghasilkan frekuensi rendah ini banyak mengundang pertanyaan dan agak banyak membutuhkan langkah pengamatan kondisi ruangan dan tips khusus… Artikel selanjutnya akan khusus membahas tentang penempatan subwoofer dalam ruangan. (Wira)

by wira

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s