Peredam Suara

Peredam suara untuk mengatasi gema pada ruangan (Room Reverberation Time)

Peredam suara untuk mengatasi gema pada ruangan (Room Reverberation Time)

Tulisan Peredam suara untuk mengatasi gema pada ruangan (Room Reverberation Time) ini adalah lanjutan dari tulisan artikel akustik: Cara Menghitung Resonansi pada Ruang. Setelah mendapatkan dimensi ruang dengar yang ideal tahap selanjutnya adalah mengukur gema ruang dengar dan menetralisir gema ruang dengar.

Setiap ruangan memiliki gema dengan karakteristik gema yang berbeda satu dengan yang lain. Karakter gema di ruangan ditentukan atas tiga parameter yaitu: level gema, waktu gema dan frekuensi gema.

Untuk membuat ruang dengar dengan akustik yang baik adalah kita harus mampu menerapkan komposisi akustik treatment yang tepat. Sehingga kita mendapatkan ruangan dengan level gema, waktu gema dan frekuensi gema yang flat pada tiap tingkatan frekuensi. Ruangan dengan tingkat gema yang pas akan memberikan nuansa ruang live musik yang baik apabila kita membangun ruang untuk musik, atau dialog yang jelas terdengar pada beragam lokasi di ruang tersebut apabila tujuan kita membangun ruang tersebut untuk keperluan seminar.

2. PEMAHAMAN RT60 (Reverberation Time)

Ada beragam metode pengukuran waktu gema tetapi yang paling sering di gunakan adalah Reverberation Time 60dB yang lebih dikenal dengan istilah RT 60. Definisi RT60 adalah waktu (detik) yang dibutuhkan untuk suara melemah sebanyak 60dB.

Untuk membuat ruangan dengan hasil akustik yang baik kita perlu menghitung:
(1) Besaran gema (RT60) rata – rata pada ruangan (detik)
(2) Besaran gema (RT60) pada frekuensi tertentu (detik)

Waktu gema yang ideal (RT60) untuk ruang dengar dengan volume 10 meter kubik adalah 0.9 detik dan 500 meter kubik adalah 1.4 detik. Jika angka (RT60) ruang jauh lebih kecil dari angka patokan di atas kita akan merasakan ruangan yang cenderung mati (dead room) atau jika angka (RT60) ruang jauh di atas angka patokan di atas kita akan merasakan ruang yang terlalu bergema.

Misalnya anda memiliki ruangan dengan ukuran 29 meter kubik maka ideal nya waktu gemanya (RT60) adalah 1,15 detik. Tetapi jika ruangan tersebut memiliki waktu gema (RT60) sebesar 1.7 detik maka ruangan tersebut membutuhkan material serap suara. Atau sebaliknya jika pada ruangan tersebut memiliki waktu gema (RT60) sebesar 0,7 detik maka ruangan tersebut dapat kita sebut sebagai dead room dimana pada ruang tersebut banyak terdapat material serap suara.

2. RUMUS PERHITUNGAN RT60

Setiap material memiliki karakter serap dan pantul yang berbeda untuk frekuensi yang berbeda. Misalnya material semen cenderung untuk memantulkan nada tinggi dan untuk nada rendah di teruskan. Sedangkan karpet cenderung untuk menyerap nada tinggi dan meneruskan nada rendah. Sering saya melihat orang membuat ruang studio atau ruang audio dengan memasang karpet di lantai dan dinding. Ruang seperti ini cenderung untuk memberikan efek suara yang “boomy” (dengung) dengan detail suara yang tidak baik.

Rumus perhitungan RT60 adalah sebagai berikut:

RT60 = (0,161 x V) / (A x S)

V = volume ruangan (m3)
A = luas permukan material (m2)
S = koefisien serap material (m/detik)

Untuk mendown-load tabel koefisien sabine untuk beragam jenis material silakan klik link http://vokuz.com/file/sabine.pdf

3. CONTOH PERHITUNGAN RT60

Berikut contoh soal perhitungan frekuensi gema ruang dengar.Jika kita mempunyai ruang dengar dengan dimensi:

Panjang 6.6 m; Lebar 4.8 m; Tinggi 2.4 m

Permukaan lantai: Beton
Permukaan dinding: Semen
Permukaan Plafon: Semen

Dengan data diatas pertama – tama kita perlu menghitung volume ruangan tersebut.
Untuk menghitung volume ruangan rumus nya adalah: panjang x lebar x tinggi.
Maka kita dapat perhitungan volume ruang = 6.6m x 4.8m x 2.4m = 76.032 m3

Langkah kedua adalah menghitung luas masing – masing permukaan tiap bahan yang ada dalam ruangan. Pada contoh soal ini kita perlu menghitung luas total permukaan beton dan luas total permukaan semen.
Luas total permukaan beton = (6.6 x 4.8) = 31.68 m2
Luas total permukaan semen = luas total dinding + luas plafon = 2(6.6 x 2.4) + 2(4.8 x 2.4) + (6.6 x 4.8) = 86.40 m2

A. PERHITUNGAN RT60 RUANG SEBELUM TREATMENT AKUSTIK

Dari data di atas mari kita buat tabel perhitungan sbb:

Keterangan perhitungan:
1. S125, S250, S500, S1000, S2000, S4000 adalah koefisien serap material (semen/beton) pada frekuensi 125Hz, 250Hz, 500Hz dan selanjutnya.
Angka koefisien serap dapat di download di: http://vokuz.com/file/sabine.pdf

2. S125 x A adalah koefisien serap 125 Hz dikali dengan luas bidang serap. Dari tabel diatas S125 x A untuk bahan beton = 0,317

3. RT 60 untuk frekuensi tertentu di ruangan didapat dari angka 0.161 x volume ruang di bagi dengan total S x A. Dari tabel di atas kita dapatkan RT 60 untuk frekuensi 125 Hz adalah 0,482 detik.

4. Apabila seluruh angka sudah di hitung dengan baik maka kita dapat membuat tanggapan frekuensi ruangan tersebut menjadi seperti contoh dibawah ini.

A2. Grafik frekuensi gema sebelum treatment

Grafik A2. memberikan gambaran:
1. Pada frekuensi 1000 Hz gema (RT60) berlangsung selama 2.993 detik dan gema pada frekuensi 125 Hz selama 0.482 detik. Hal ini menyebabkan selisih fase dan selisih waktu untuk suara pada frekuensi 125Hz dan pada frekuensi 1000Hz.
Faktor negatif untuk hal diatas adalah rusaknya stereo imaging suara serta kenyaman orang dalam menyimak dialog ataupun musik menjadi berkurang.
2. RT 60 rata – rata sebesar 1,776 detik. Dimana angka tersebut di atas dari angka RT60 yang ideal yang di anjurkan untuk ruang tersebut.
B. LANGKAH TREATMENT AKUSTIK

Untuk mendapatkan RT60 yang ideal kita perlu melakukan:
1. Mengurangi RT60 sampai dengan angka yang ideal untuk ruangan dengan volume di atas
2. Mengurangi RT60 pada frekuensi 1000 Hz dengan kombinasi material akustik yang tepat

C. HASIL TREATMENT AKUSTIK YANG IDEAL

Setelah dianalisa dan dihitung dengan cermat maka dipilihlah material akustik dengan komposisi:

1. Lantai Karpet dengan luas permukaan bidang 31,68 m2
2. Dinding dan plafon MDF dengan luas permukaan bidang 76,40 m2
3. Panel Acourete Fiber dengan luas permukaan bidang 10 m2.

Mari kita lihat perbedaan nya dengan membuat tabel perhitungan dan grafik seperti dibawah ini.

B2. Grafik frekuensi gema setelah treatment

Grafik B2. garis warna merah jambu menggambarkan waktu gema (RT60) ruangan sebelum treatment pada tingkatan frekuensi yang berbeda. Garis biru tua menggambarkan waktu gema (RT60) ruangan yang telah ditreatment.

Dari grafik di atas dapat di tarik kesimpulan bahwa:

1. RT 60 rata – rata ruang telah berkurang dari 1,776 menjadi 0,426
2. Grafik RT 60 untuk tiap tingkatan frekuensi menjadi lebih landai berkisar antara 0,3 – 0,6 detik di banding grafik sebelumnya antara 0,4 – 2,5 detik.

Demikian artikel ringkas mengenai perhitungan gema ruangan RT60 beserta contoh soal cara mengatasi masalah tersebut. Semoga tulisan yang sederhana ini dapat berguna bagi pehobby, praktisi dan pembaca pada umumnya.

Salam,
Herwin Gunawan
www.vokuz.com

53 thoughts on “Peredam suara untuk mengatasi gema pada ruangan (Room Reverberation Time)

  1. saya setuju sekali dengan tulisan anda (teoritis). Namun barangkali anda sekaligus bisa membantu saya cara pemasangan bahan sederhana untuk membuat peredam suara studio musik pada ruangan / kamar dengan ukuran 4 x 4 m. Rencana bahan yang mau saya pakai : kardus tempat telor ayam, sejenis troplek/harbot, karpet. Terima kasih banget deh atas perhatiannya.

    1. vokuzcom

      Hi Yus,

      Rasanya info yang diberikan kurang lengkap. Misalnya:

      Studio yg hendak dibangun untuk main musik atau untuk mixing?
      Kalau untuk latihan musik apakah dalam studio ada drum?
      Apakah diperlukan isolasi suara supaya suara tidak bocor?
      Berapa tinggi ruang studio tersebut?

      Tetapi untuk pemasangan yang umum adalah sbb:
      kardus telor ayam: sebagian plafon dan sebagian dinding
      karpet: lantai
      harbot: sebagian plafon dan sebagian dinding

      Dan melihat ukuran ruang 4×4 sebenarnya kurang ideal untuk di jadikan studio musik..mengingat akan menimbulkan resonansi yang berlebihan pada frekuensi tertentu dan nada yang tenggelam pada frekuensi tertentu pula.

      Selain bahan yang telah disebutkan diatas perlu juga dipertimbangkan untuk membuat panel bass trap. Untuk menetralisir over resonansi dan under resonansi.

      Selanjutnya penempatan peralatan dan speaker juga sangat menentukan untuk kualitas suara di dalam studio tersebut.

      Demikian tanggapan saya..mudah2an dapat dimengerti.

      Herwin

  2. Sorry mas Herwin, trims boanget perhatiannya.
    Studio musik yang saya maksud, untuk latihan band sama temen”. Posisi ruangan atas (lantai atas) ukuran 4mx4m memang kurang ideal, namun itulah keadaannya. Saya sudah belanja Busa tebal 6 mm, karpet dan kardos tempat telor. Rencana mo saya pasang dimulai dari buda kedinding, setelah itu baru karpet. Sedangkan untuk dos tempat telor mo saya pasang di plafon atas. Gimana mas, maksud saya biar nda’ ganggu tetangga apalagi hampir puasa. Sabar ya mas … habis gimana lagi, saking keburunya. makasih boanget mas …

  3. Oh … iya, tinggi tembok 3,15 m dan alat musik seperti : Keybord, Gitar mlelodi, bass, dan drum. Nda’ pake’ sound sistym vokal cukup digabung aja. Trims.

    1. Kalo bahan busa dan karpet baik untuk meredam pantulan suara, sedang kardus telor dapat berfungsi sebagai diffuser suara.

      Tetapi untuk masalah kebocoran suara bahan yang disebut diatas hanya membantu sedikit saja. Kemungkinan besar kebocoran suara ke tetangga tetap terjadi.

      Semoga jawaban saya jelas dan membantu.

      Herwin

  4. alow mas.., aku buta bener masalah teknik pemasangan peredam suara nya..

    kalo dinding, lantai, dan atap nya semua pada beton, bisa gak??

    trus, minta gambar-gambar cara pemasangan teknis peredam suara ruangan donk..

    1. Hi,

      Saya kurang jelas dengan pertanyaannya.

      Dinding, lantai dan atap permukaan beton ..ukuran ruang berapa besar..dan peruntukan ruang untuk apa?

      Pemasangan akustik ruangan adalah untuk mengurangi tambahan suara yang merusak suara asli…sehingga kualitas suara yang di dengar oleh audiens di ruang tersebut menjadi berkurang.

      Untuk gambar – gambar cara pemasangan peredam suara dapat di lihat di http://www.vokuz.com/forums

      Mudah2an jawaban ini jelas dan bermanfaat.

      Herwin Gunawan

  5. misi mas mau tanya2 ney…
    sebenarnya bahan2 yang standard buat bikin peredam studio band tuh apa aja?
    ku mau bikin studio band tapi binggung di kanan kiri rumah tetangga, takut tar suaranya bocor malah bisa di demo nich…
    ada info g tempat beli bahan2nya di mana aja…kira2 buat bikin peredam yang mantap (suara g bocor ke tetangga sebelah) habis berapa ya mas? thx mas

    1. Dear Daniel,
      Terima kasih untuk emailnya.
      Pada dasarnya penggunaan sabut dan karpet membantu mengurangi, tetapi mungkin hasil yang didapat tidak cukup significant.
      Kami rekomendasikan Acourete Fiber 300 dengan harga yang terjangkau.

      Untuk info lebih lanjut hubungi: 021 345 7906
      http://www.vokuz.com

  6. Mas, mo tanya nich, saya lg bikin studio kecil2an dirumah, pakai rangka kayu trus, glaswool tebal 5 cm dan saya tutup pakai Particle Board 12 mm utk memberi aksen bagus rencana mau sy finishing pakai wall paper, bukan karpet gimana ya… apa bisa dan hasilnya apa sdh cukup

    1. Dear Dwi,
      Terima kasih untuk emailnya.
      Penggunaan Finishing dengan menggunakan Wallpaper sah saja, mungkin untuk memberi aksen bagus, dan penggunaan wallpaper sama sekali tidak berpengaruh dan tidak mempengaruhi efek suara.
      adapula untuk finishing dengan menggunakan karpet sedkitnya membantu tapi tidak signifikan.

      Mudah2an jawaban ini jelas dan bermanfaat.

      Untuk info lebih lanjut hubungi: 021 632 7403
      http://www.vokuz.com

    1. Hi,
      Terima kasih untuk emailnya.

      Saya kurang jelas dengan pertanyaannya. mesti di jelaskan lagi tujuan nya untuk insulasi atau Treatment ?
      berapa ukuran ruangan yang ingin di buat ?

      untuk masalah peredam suara silakan hubungi kami di no telp 021 632 7403.

      Untuk gambar – gambar cara pemasangan peredam suara dapat di lihat di http://www.vokuz.com/forums

      Mudah2an jawaban ini jelas dan bermanfaat.

  7. saya coba coba membuat studio music, berukuran 3X4 dengan menggunakan bahan busa yg kemudian dilapisi triplek, lalu dibungkus karpet, tetapi hasilnya tidak maksimal, karena 50 % suara masih bocor .
    saya malas membongkar kembali, adakah cara atawa solusi yg lain yang memungkinkan tidak terjadi kebocoran suara tanpa ada pembongkaran, maksud saya apa bisa ditambahkan bahan lain untuk mengatasinya ?
    Apakah triplek untuk melapisi busa itu perlu dilubangi ? Apakah lubangnya harus banyak ?
    Mohon bantuannya .

  8. mas, mw tny,,
    sya bwt studio kcil2an, tmptnya tuch bkas kmar sya. nah, di stu da cndelanya gmn cr ntup cndelanya, & dg ap mmbwt prdmny!
    tlong d bntu!!!

  9. salam kenal mas Herwin,

    mohon izin share artikel ini ya mas, teori dari artikel ini sangat bagus dan belum banyak orang yang tahu.

    terima kasih sebelumnya.

    1. Dear, Mindland
      Terima kasih untuk emailnya,
      Semoga Artikel dari kami bermanfaat untuk anda. dan Jika lain waktu anda mempunyai masalah dengan gangguan suara. kami akan selalu siap membantu.

      Untuk info lebih lanjut hubungi: 021 632 7403 / 345 7906
      http://www.vokuz.com

  10. Dear om,
    Mhn bantuan solusinya,sy sdh membuat ruangan utk genset dg ukuran PxLxT = 2x2x2m, dinding tembok bata+acian dan atap beton cor tebal 25cm. ruangan tsb lokasinya turun masuk ke tanah sedalam 1m.
    kondisi saat ini belum ada pintu jadi satu sisi masih terbuka.
    masalahnya suara genset justru semakin menggema dan lebih keras dibanding jk genset ditaruh diluar.
    sebaiknya lapisan dinding dan atap pakai bahan jenis apa dan bgman teknik pemasangannya. Jika pake stirofoam/gabus apakh sdh cukup meredam suara tsb. sebaiknya pintu berbahan kayu atau besi dan bgmana pelapisan peredamnya.
    thank sebelumnya
    yahya

  11. Salam,
    makasih,infonya. ini, aku mau buat studio musik pake drum juga untuk latihan band, ukuran ruang 2,5m x 5m x 3.5 m(tinggi). bahan tembok dari semen, atap dari ternit, pintu dari kayu , lantai dari keramik. Gimana ya mas, aku harus pasang peredam bahan dari apa dan sebagainya supaya hasilnya baik dan suara tidak kemana mana, makasih www.

  12. saya punya masalah dengan Gema pada aula (ruang rapat) dikantor saya.. ukuran ruangannya 8x10m tinggi 8m, lantai keramik, dinding semen, dan plafon gypsum. suara gema sangat mengganggu disaat kita berbicara diruangan tsbt. gimana caranya meredam Gema diruangan tersebut ?? mohon infonya

  13. hi k vi ! saya juga mo tny2 juga nich, tp mgkn pertnyaannya gk jauh beda dgn yg lain, klo studio yg saya buat ni ukuran ruang 3x6mtr tinggi 3 mtr, 2 pintu dpn blkg dgn dinding cor di sluruh ruang, pertanyaannya kira2 bahan apa saja yg digunakan utk pelapis dinding utk menahan pantulan swara dan apkh diperlukan lubang sirkulasi utk menyeimbangkan tkanan udara dlm ruang ? oh ya, ruang studio tnp AC hny kipas dinding langit saja.. mohon solusi ! trims k vi !!

  14. maap ! ada tambahan, pintu dpn ruang studio dan pintu blkg ruang menggunakan pintu alumunium (hny pintu beserta kusen) dan kaca 8mm dgn sistem tempel dinding dgn list spon busa karet sintetis 10mm. mohon solusi utk mslh diatas..

  15. maap ! ada tambahan, pintu dpn ruang studio dan pintu blkg ruang menggunakan pintu alumunium (hny pintu beserta kusen) dan kaca 8mm dgn sistem tempel dinding dgn list spon busa karet sintetis 10mm. mohon solusi utk mslh diatas.. jwbn k vi isa di kirim melalui via phone : 085867632597 (luki-solo) atau kirim ke facebook atau email.. trims..

  16. Hi, mau minta saran.. Ruangan sebesar P 3,6m x L 2,7m x T 3m , lantai keramik, dinding biasa, plafon gypsum standar, ada jendela ukuran 1m x 0.8m. Mau dijadikan ruangan karaoke.. Kira2 treatment apa yg perlu sy lakukan lg ya.. Thx.. Eddy

  17. Mas saya ikut gabung
    Mohon penjelasan, bahwa saya rencana mau bikin ruang kedap suara untuk latihan musik bersama keluarga saja (peralatan musik yang digunakan lengkap termasuk drum). Tujuannya sederhana saja agar saat latihan tetangga kiri kanan tidak rame karena berisik sehingga tidak sering komplain. Ukuran ruang: 3,36Mx3,56 M dengan tinggi 2,36 M. Bahan apa yang diperlukan bagian per bagian maksudnya untuk tembok dan atap serta laintainya. Sangat berterima kasih bila mas menjelaskan tahapan pemasangannya. Misal untuk tembok dipasang ini dulu, kemudian itu dan seterusya. Terima kasih.

    Anwar S

  18. selai karton telor dan karpet,, ad ndak alat lain untuk d gunakan meredam pantulan dalam ruangan

    1. saiful arya sakti
      Terima kasih atas email dan penjelasannya, dan di sini ada beberapa poin yang ingin kami tanyakan bapak diantaranya :
      – Tinggi ruangan berapa ?
      – Bisa di jelaskan Aula tersebut di gunakan untuk kepentingan apa ?
      – Bisakan kami meminta Foto Layout Ruangan Tersebut ?

      Sambil kami menunggu jawaban dari bapak, di sini kami ingin mengirimkan Catalog Produk dan Company Profile Perusahaan kami untuk di baca.
      Demikian surat ini kami sampaikan dan atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

  19. Saya ingin memasang peredam di kamar tidur agar kedap suara atau min. ada pengurangan polusi suara.
    suara yg ingin kami redam adalah suara dari speaker.
    kamarnya berukuran 4x4x4 m dg partisi kamar dari tembok, jendela 1 buah berukuran 60 x 1.2m.
    bahan apa yg bisa bapak sarankan, dimana sy bisa mendapatkannya dan apakah sy bisa menapatkan jg cara2 pemasangannya?
    terimakasih.

    1. Terima kasih atas email dan penjelasannya. Ada 2 bahan dari acourete yang kami tawarkan yaitu, Mat Resin dan Fiber
      untuk lebih lanjutnya bisa menghubungi kami :
      VOKUZcom
      Jl. Hayam Wuruk No 2R-S, Jakarta 10120
      Tlp: +62 21 3513351 / 3457906
      Fax: +62 21 3458143

    1. Terima kasih atas commentnya sdr/i Yumen. masih banyak artikel yang akan kami buat guna untuk memberikan informasi-informasi yang bisa membantu maupun memberikan masukan mengenai peredam suara….
      untuk dapat mengetahui produk maupun pemesanan bisa menghubungi kami :

      VOKUZcom
      Jl. Hayam Wuruk no 2R-S
      Jakarta Pusat, 10120
      Telp : 021 351 3 351
      Fax: 021 345 8 143

    1. Terima kasih atas email yang bapak sosilo w sampaikan kepada kami.
      untuk perhitungan peredam suara pada kapal, kita harus mengetahui sumber dari suara kebisingan yang ditimbulkan serta ruangan apa saja yang terganggu oleh hal tersebut.
      untuk informasi bisa menghubungi kami :
      VOKUZcom
      Jl. Hayam Wuruk no 2R-S
      Jakarta Pusat, 10120
      Telp : 021 351 3 351
      Fax: 021 345 8 143

  20. Saya tertarik dg fiber 300 yg ingin saya tanyakan bagaimana pemasangannya ke dinding tembok? Apakah sudah ª∂a̲̅ perekatnya? Ato dg cara menggunakan lem? Jika dg lem, harus pake lem merk apa? Terimakasih banyak..

    1. to Bp. endang : Terima kasih atas ketertarikannya pada peredam suara acourete fiber 300. untuk peredam jenis acourete fiber 300 tidak ada perekatnya, fiber ini terbuat dari anyaman serabut poly-propilene halus yang mirip dengan jaring laba-laba yang sangat rapa. Untuk penggunaan fiber 300 ini bisa digunakan Lem maupun sekrup. untuk lem bisa menggunakan Lem Aica Aibon maupun Lem Fox.
      terima kasih.
      untuk info lebih lanjut bisa menghubungi :
      VOKUZcom
      Jl. Hayam Wuruk no 2R-S
      Jakarta Pusat, 10120
      Telp : 021 351 3 351
      Fax: 021 345 8 143

    1. Terima kasih atas email yang ditujukan kepada kami.
      Bradd Jhefgi kalau untuk insulasi standard pemasangan seperti yang disebutkan bp. Bradd Jhefgi, apabila Bp. Bradd Jhefgi merasa ada kesulitan, bisa menghubungi kami :
      VOKUZcom
      Jl. Hayam Wuruk no 2R-S
      Jakarta Pusat, 10120
      Telp : 021 351 3 351
      Fax: 021 345 8 143

  21. Gan, aku buat studio musik, buat rentalan, ukuran 3x3x3 m,semua dinding saya lapisi dg steroform 5cm dan karpet 5mm, tp hasilnya 5% suara masih kedengran di luar. Apa mungkin masih terjadi kebocoran atau gemana?thank’s

    1. to Bp. Haryono
      Terima kasih atas emailnya,biasanya salah satu penyebab kebocoran di sebabkan karena adanya bukaan, seperti jendela dan pintu.
      Dan pada kasus seperti ini biasanya ruangan setelah di insulasi masih terdengar bocor, kemungkinan kebocoran tersebut berasal dari celah pintu atau jendela. Solusinya adalah dengan membuat pintu kedap suara.

  22. mau tanya nih, kl buat studio band dirumah mesti pk apa aja dgn luas ruangan 5×3,5m tp bentuk atapnya segitiga krn kebetulan awalnya buat gudang dilantai atas, jd ruangannya ga persegi. kl atasnya begitu berpengaruh sekali tidak ?? saya sih di tembok cuma pk bahan yg busa2 kyk karpet gitu ga tau namanya apa sm ditiban pk gibsum doang, terus ada dua jendela dan pintu yg kurang rapat saat ditutup krn ada lubang, jd suara yg dihasilkan ga seperti pk peredam. mohon saran untuk pembuatan studio band dan biaya yg dibutuhkan. thanks !!!

    1. to : Bintang
      terima kasih atas emailnya dan senang rasanya kami menerima email dari bapak / ibu. untuk mempermudah kami di dalam memberikan advise mohon di kirimkan data ruangan berupa ukuran ruangan lengkap dengan lampiran layout dan foto enam sisi ruangan.

  23. Permisi numpang tanya. kalau mau meredam ruang genset uk P20m x L12m x T6m
    di dalam ruangan tersebut ada 3Genset otomatis suara sangat keras dan menggangu ruangan di dekat genset tsb.
    kondisi ruangan semua sisi dinding dan atap sudah full beton.
    nah yang jadi pertanyaan, di dalam ruangan tersebut mau di pasang sirkulasi udara seperti lubang penghisap udara dr dalam keluar dan lubang penghisap udara dari luar ke dalam agar ruangan tidak pengap.
    kira2 design ruang genset yang baik dan benar seperti apa biar suara tidak bocor keluar namun ada sirkulasi udaranya yang membuat ruangan tidak pengap
    dan kalo agan mau lebih berbaik hati lagi. mohon kirimkan design layout ruang genset’a ke email saya
    trims yah :p

  24. Salam kenal saya ahmad,, saya lagi ngumpulin info,, saya mau bikin setudio musik ukuran ruangan 4×4 lokasi. D kmpung tidak terlalu mepet tetanga jarak 10 meteran dari tetangga,, budget saya hanya 5jtaan dan saya pingin finishingnya busa telor agar kelihatan seninya, yang saya ingin tnyakan kira2 budgetvsegitu cukup g ya bhn apa aja yng harus di beli dan cara pasangnya.. dan mengatasi ktnya kalau ukuran 4×4 itu kurag baik,, mhon penjelasanya,,,,, trmksh,,,

    1. To: Ahmad
      Terimakasih atas pertanyaannya.
      Untuk soundproofing dengan ukuran 4 x 4 meter dengan budget 5jt, kami menawarkan pemakaian acourete fiber 300 dengan harga Rp. 90.000,-per meter persegi sebanyak 48m2 untuk bagian dinding dan acourete mat resin dengan harga Rp. 250.000,- per meter persegi sebanyak 2 m2 untuk bagian pintu.
      Dengan ukuran 4 x 4 meter besar kemungkinan akan terjadi resonansi. Untuk mengatasi hal tersebut, sebaiknya di bagian plafon dibuat miring, sehingga ukuran dinding tidak sama. (Ex. Satu sisi dinding dibuat 3,75 x 4 meter).
      Untuk informasi lebih lanjut,silakan menghubungi kami.

      Vokuzcom
      Jl. Hayam Wuruk No. 2R-S
      Jakarta Pusat, 10120
      Telp : 021 351 3 351
      Fax: 021 345 8 143

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s